oleh

Wamenaker Kunjungi Kantor FELDA Kuala Lumpur Malaysia

Jakarta, Mediakonomi.com – Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor melakukan kunjungan ke Kantor Federal Land Development Authority (FELDA) di Kuala Lumpur, Malaysia, 12 Agustus 2022. Wamenaker juga melakukan pertemuan dengan Izham Mustaffa, selaku Timbalan Pengarah Besar Operasi FELDA.

Afriansyah Noor berharap kepada FELDA untuk dapat bekerja sama, baik dengan perusahaan penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau berkolaborasi dengan pemerintah Indonesia untuk memberikan pelindungan yang komprehensif kepada para PMI yang bekerja di FELDA.

Afriansyah Noor menambahkan, pelindungan tersebut dimulai dari proses rekrutmen sampai dengan proses pemulangan. Selain itu, perlu diperhatikan untuk kondisi kerja, termasuk akomodasi, kesehatan dan keselamatan kerja dari para PMI.

BACA JUGA  Ditjen BC Gencarkan Operasi Gempur Waspadai Cukai Ilegal

“Saya harap FELDA jug dapat memperhatikan izin kerja para PMI, sehingga tidak ada lagi PMI yang berstatus undocumented atau ilegal, yang mengakibatkan PMI kita tidak mendapatkan pelindungan,” kata politisi Partai Bulan Bintang itu.

Di hari yang sama, Wamenaker bertolak ke ladang FELDA Soeharto guna mengunjungi dan melakukan dialog dengan pekerja migran yang bekerja di ladang tersebut untuk mengetahui kondisi kerja PMI.

Di ladang FELDA Soeharto, Wamenaker berdialog dengan tiga PMI asal NTB. Para PMI tersebut telah bekerja di ladang FELDA Soeharto selama 4-5 tahun, dan PMI tersebut menyampaikan senang selama bekerja sebagai pemetik sawit, dan saat ini penghasilan per bulan mereka sudah mencapai sekitar Rp 7 jutaan.

BACA JUGA  Koperasi Jadi Solusi Pembiayaan Usaha Mikro di Sektor Produktif

Dalam kunjungan ke ladang, Wamenaker menyampaikan apresiasi kepada FELDA karena telah memperlakukan PMI dengan baik, dan meminta FELDA untuk terus memberikan pelindungan kepada PMI sesuai dengan hak-haknya selama bekerja.


Wamenaker Kunjungi Kantor FELDA Kuala Lumpur Malaysia