oleh

Viral Kominfo Ancam Akan Blokir Aplikasi Whatsapp Hingga Google

Jakarta, mediakonomi.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana ancam blokir aplikasi WhatsApp, Instagram hingga Google.

Kominfo yang berencana ancam blokir aplikasi WhatsApp hingga Google tersebut menjadi perbincangan hangat saat ini.

Tak hanya itu Kominfo yang berencana ancam blokir aplikasi WhatsApp hingga Google tersebut menjadi trending di penelusuran.

Apa alasan Kominfo akan blokir Whatsapp hingga google sekalipun. Sebagaimana diketahui WhatsApp adalah aplikasi pesan yang saat ini digunakan oleh masyarakat Indonesia secara luas.

Alasan mengapa Kominfo ancam blokir WhatApp itu sesusi dengan Surat Edaran Menteri Komunikasi dan Informatika No.3 tahun 2022.

Dalam Surat Edaran Menteri Komunikasi dan Informatika No.3 tahun 2022 yang telah ditandatangani pada 14 Juni 2022 tentang Tanggal Efektif Pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat, batas waktu pendaftaran PSE lingkup privat baik domestik maupun asing akan berakhir pada 20 Juli 2022.

BACA JUGA  Mengenal Lebih Dekat Tentang Direktori Obat di SehatQ.com

Apabila pihak PSE asing atau domestik belum juga mendaftar, maka akan dilakukan pemutusan akses oleh Kemenkominfo, setelah menerima permintaan dari Kementerian atau Lembaga yang berwenang.

Itu artinya perusahaan besar seperti  Netflix, WhatsApp, Telegram, Instagram, YouTube, Facebook dan Google belum tercantum di daftar PSE asing yang melakukan pendaftaran harus segera mendaftar.

Kurang lebih beberapa hari lagi, aplikasi diatas terancam diblokir oleh Kominfo.

Kemkominfo akan berkoordinasi dengan kementerian lembaga terkait di sektor penghapusan tersebut.

Setelah di cek dan berkoordinasi dengan lembaga terkait, Kominfo akan mengkomunikasikan kepada PSE terkait untuk meminta penjelasan.

Jika tidak ada penjelasan dari pihak terkait, barulah mereka akan memblokir akses ke layanan tersebut.


Viral Kominfo Ancam Akan Blokir Aplikasi Whatsapp Hingga Google