oleh

SUCOFINDO Dukung Akselerasi Sertifikasi UMKM

banner 970x90

Berastagi, Mediakonomi.com – PT SUCOFINDO mendukung UMKM  melakukan sertifikasi Halal untuk memberikan nilai tambah dan daya saing. Sebagai salah satu Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) yang ditunjuk oleh Pemerintah, PT SUCOFINDO menjelaskan proses sertifikasi halal pada kegiatan “Capacity Building & Bimbingan Teknis Program Sertifikasi Halal Bagi UMKM Binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Propinsi Sumatera Utara” yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Grand Mutiara Berastagi pada tanggal 02 – 03 Juni 2022.

Deputi Direktur KPwBI, Poltak Sitanggang, mengapresiasi peran SUCOFINDO untuk meningkatkan pengetahuan bagi UMKM. “Pembinaan UMKM ini merupakan  salah satu upaya untuk mempercepat proses Sertifikasi Halal bagi UMKM binaan kami” ujar Poltak.

Badruzzaman Sembiring salah satu peserta dari UMKM Raudhah Water di daerah Sumatera Utara mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan Bimbingan Teknis. “Kegiatan ini akan memberikan kemudahan bagi kami pelaku UMKM, dengan melakukan sertifikasi Halal, tentunya akan memberikan nilai lebih terhadap penjualan produk kami” ujar Badruzzaman.

Sebanyak 20 UMKM mengikuti kegiatan yang merupakan kolaborasi Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara dengan PT SUCOFINDO. Bimbingan Teknis ini dilaksanakan untuk mendukung UMKM mitra binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Propinsi Sumatera Utara dalam mengimplementasikan UU No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal yang ada di Indonesia. Turut hadir Satuan Petugas Halal Provinsi Sumatera Utara, Abdul Rahman dan Perwakilan Komisi Fatwa MUI, Irwansyah.

BACA JUGA  Menkeu: Perempuan Berperan Penting dalam UMKM

Secara terpisah, Kepala Cabang PT SUCOFINDO Medan, Limlim Abdul Halim menjelaskan “Untuk mempercepat proses sertifikasi Halal, PT SUCOFINDO berinovasi dengan menyediakan aplikasi Sistem Aplikasi Halal dan Informasi Halal (SAHIH) pada halal.sucofindo.co.id yang terintegrasi dengan aplikasi SIHALAL BPJPH. Dengan mengisi data pada aplikasi SIHALAL akan otomatis terhubung dengan aplikasi SAHIH SUCOFINDO saat pemohon sertifikasi halal memilih SUCOFINDO sebagai LPH” ujar Limlim.

Saat ini PT SUCOFINDO Cabang Medan juga memberikan layanan terkait bahan pangan seperti Pengujian dan Analisa Laboratorium, Good Manufacturing Practice , Standar Nasional Indonesia dan Pangan Organik, serta Inspeksi Komoditas. Selain itu, PT SUCOFINDO Cabang Medan menyediakan jasa layanan Pengujian dan Kalibrasi, Jasa Monitoring Lingkungan, Riksa Uji & Sertifikasi K3, Sertifikasi Layak Operasi, Fumigasi serta Sertifikasi Sistem Manajemen seperti ISO 14001, ISPO/RSPO, dll.

BACA JUGA  Dewan Pers Apresiasi Media Arus Utama yang Jaga Kualitas Jurnalistik