oleh

Rayakan HUT RI Bank Indonesia Gelar Festival Rupiah Berdaulat Indonesia 2022

Jakarta, Mediakonomi.com – Sebagai bentuk persembahan rasa syukur atas anugerah kemerdekaan dan pencapaian hasil pembangunan selama 77 tahun kemerdekaan Republik Indonesia, Bank Indonesia menyelenggarakan Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2022 pertama kali yang mengangkat tema “Bersatu dalam Rupiah, Berdaulat di NKRI”. Penyelenggaraan FERBI 2022 menjadi rangkaian acara peluncuran Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 (Uang TE 2022) yang telah dilakukan oleh Bank Indonesia dan Pemerintah pada 18 Agustus 2022 sebagai alat pembayaran yang sah diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Festival yang berlangsung di Hall  Basket, Gelora Bung Karno (GBK), Senayan Jakarta diselenggarakan mulai tanggal 19 s.d. 21 Agustus 2022 bertujuan untuk memperkuat pemahaman masyarakat terkait peran Rupiah dalam perjalanan sejarah bangsa, membangkitkan optimisme, semangat kebangsaan, dan memperkuat kedaulatan NKRI melalui uang Rupiah, ungkap Kepala Departemen Komunikasi Erwin Haryono di Jakarta (19/8/22).

BACA JUGA  Bank Indonesia Umumkan Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Juli 2022

FERBI 2022 tambah Erwin merupakan dedikasi Bank Indonesia agar kita sebagai bangsa Indonesia, semakin Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah. Tidak hanya selembar kertas untuk alat pembayaran, Rupiah memiliki makna penuh perjuangan sebagai symbol kedaulatan negara, identitas, dan kebudayaan bangsa, serta perekat bangsa. Demikian disampaikan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo pada pembukaan kegiatan acara tersebut. Gubernur BI dalam kesempataan pembukaan juga meluncurkan Buku Khazanah Uang Rupiah Bank Indonesia yang memuat perjalanan sejarah uang dari masa kerajaan Nusantara sampai dengan saat ini (2021) dan terdiri dari 4 seri buku yaitu seri 1-Zaman Kerajaan abad 7 s.d. 9, seri 2-Uang Penjajahan, Oeang Republik Indonesia (ORI), Oeang Republik Indonesia Daerah (ORIDA), seri 3-Uang Bank Indonesia, dan seri 4-Uang yang berlaku saat ini. Buku Khazanah Uang Rupiah menjadi cerita bagaimana Rupiah hadir dalam perjalanan Bangsa Indonesia.

Pada acara pembukaan tersebut juga dilaksanakan Dialog Kebangsaan bertajuk Merekat Keberagaman, Bersatu Mencintai Bangsa dengan narasumber para tokoh lintas agama. Kegiatan ini menjadi ajang dialog terkait persatuan dalam keberagaman untuk membentuk generasi muda berkarakter dan berwawasan kebangsaan. FERBI 2022 juga menghadirkan berbagai kegiatan menarik seperti pameran lintas sejarah uang Rupiah, pameran UMKM, dan rangkaian talkshow , perlombaan, hiburan serta penyediaan penjualan Uang Rupiah Khusus (URK). FERBI 2022 terbuka untuk umum dan dapat dihadiri masyarakat tanpa dipungut biaya (gratis), tutup Erwin.


Rayakan HUT RI Bank Indonesia Gelar Festival Rupiah Berdaulat Indonesia 2022