oleh

Pertemuan Pejabat Ekonomi Senior ASEAN Bahas Percepatan Pemulihan Ekonomi

Jakarta, Mediakonomi.com – Pertemuan III para pejabat ekonomi senior atau Senior Economic Officials Meeting (SEOM) ASEAN membahas percepatan pemulihan ekonomi di negara-negara anggota. Pada pertemuan yang dilangsungkan secara virtual itu, para pejabat senior juga menyampaikan pandangannya terkait upaya penyelesaian prioritas ekonomi ASEAN tahun 2021.

Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional pada Kementerian Perdagangan (Kemendag) Djatmiko Bris Witjaksono mengatakan, Indonesia bersama negara anggota ASEAN lainnya mendukung penuh persiapan implementasi deliverables pilar ekonomi di bawah kepemimpinan Brunei Darusalam.

“Negara-negara anggota juga siap mendorong prioritas tahunan badan sektoral di bawah koordinasi SEOM untuk membantu pemulihan ekonomi di kawasan ASEAN,” kata Djatmiko seperti dilansir situs Kementerian Keuangan RI, Selasa (10/8/2021).

BACA JUGA  Pidato Rancangan APBN 2022, Presiden Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi 5,0 - 5,5 Persen

Sementara Direktur Perundingan ASEAN pada Ditjen Perundingan Perdagangan Internasional Kemendag, Dina Kurniasari mengungkapkan, dalam SEOM juga dibahas pelaksanaan kesepakatan ASEAN Agreement on E-Commerce.

Kesepakatan ini untuk meningkatkan nilai perdagangan barang dan jasa serta iklim usaha bagi pengembangan perdagangan secara elektronik. Selain itu juga, adanya kesepakatan ini dapat membuka peluang pelaku usaha, khususnya UMKM untuk meningkatkan pemasaran produknya ke negara ASEAN.

“Karena itu, Indonesia harus segera menyelesaikan ratifikasi ASEAN Agreement on E-Commerce tersebut,” ujar Dina.

Agenda lain yang dibahas pada SEOM yaitu upaya fasilitasi untuk meningkatkan ekspor ke ASEAN dengan melakukan review kebijakan non tarif yang berpotensi menghambat. Selain itu, dibahas upaya memperlancar dan memfasilitasi daftar barang penting seperti makanan, obat-obatan, serta medis untuk menjaga ketahanan pangan negara ASEAN di masa pandemi COVID-19.

BACA JUGA  Pemulihan Ekonomi Menyeluruh Menjadi Agenda Utama Kongres Dunia ke-19 AEI

Sebagai informasi, Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN pada tahun 2023. Kementerian Perdagangan bersama Kementerian/Lembaga dan pemangku kepentingan terkait sedang menyusun usulan prioritas ekonomi pada periode keketuaan tersebut. (*)

banner 970x90

News Feed