oleh

Kini Giliran Shopee Indonesia Terpaksa Ambil Langkah PHK Karyawannya

Jakarta, Mediakonomi.com – Badai PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) di sektor startup ternyata belum usai sampai disini. Kini giliran Shopee Indonesia memangkas jumlah karyawannya. PHK ini disebut sebagai langkah efisiensi yang dilakukan perusahaan.

Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira menjelaskan bahwa dengan berat hati, Shopee Indonesia harus melepas sejumlah karyawannya.

PHK karyawan Shopee Indonesia bukan menjadi kabar yang mengejutkan, sebab secara global Shopee sudah melakukan PHK di beberapa negara.

Gonjang-ganjing soal PHK Shopee secara global sudah mulai berhembus sejak bulan Juni tahun ini, di mana Shopee dilaporkan akan melakukan PHK besar – besaran di beberapa pasar utama, termasuk di Indonesia.

BACA JUGA  Implementasi Perencanaan Partisipatif, Ombudsman RI Gelar Rapat Kerja Nasional

Kabar ini seiring dengan badai PHK yang tengah dihadapi dunia startup secara global. Perusahaan e-commerce milik Sea Group itu memilih PHK dengan tujuan merasionalisasi bisnis e-commerce-nya, demikian dilaporkan oleh Deal Street Asia dan Tech in Asia, berdasarkan pernyataan beberapa sumber yang dikutip Selasa (20/9/2022).

Kebijakan PHK Shopee, menurut Deal Street Asia, berdampak kepada karyawan di beberapa pasar Asia Tenggara termasuk Indonesia, Thailand dan Vietnam. Perusahaan dikatakan telah mengirim email kepada nama-nama karyawan yang terkena PHK.

Saat dihubungi pada bulan Juni lalu, Shopee Indonesia mengaku bahwa langkah penyesuaian bisnis Shopee global tidak melibatkan operasional di dalam negeri.

“Langkah penyesuaian yang diambil pada segmen dan pasar tertentu, dipastikan tidak melibatkan Shopee Indonesia,” kata Handhika Jahja, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, dalam keterangan resminya.

BACA JUGA  Mengenal Lebih Dekat Tentang Direktori Obat di SehatQ.com

Kini Giliran Shopee Indonesia Terpaksa Ambil Langkah PHK Karyawannya