oleh

Kepala BI Jabar: NIB Permudah Kredit Modal Kerja UMKM dari Perbankan

Bandung, Mediakonomi.com – Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Barat Herawanto mengatakan dengan adanya Nomor Induk Berusaha (NIB), sudah seharusnya kalangan perbankan tidak ragu lagi untuk memberikan kredit modal kerja kepada UMKM di Jabar.

“Kesempatan bagus untuk perbankan mendapatkan nasabah terpercaya dan diakui pemerintah karena memiliki NIB. Saya harap bank tidak ragu lagi menyalurkan kredit kepada UMKM,” kata Herawanto dalam siaran persnya, Jumat (20/8/2021).

UMKM yang telah memiliki NIB, ujar dia, sudah terjamin legalitasnya dan terdaftar di instansi pemerintah yang berwenang. Artinya UMKM tersebut telah memenuhi segala persyaratan untuk mengantungi legalitas yang ditetapkan oleh pemerintah. Karena itu, Herawanto mengimbau perbankan agar tidak mempersulit urusan kredit modal kerja dengan UMKM.

BACA JUGA  PT SEG Bukukan Laba Bersih Rp11,9 M di Tengah Pandemi

Dia juga mengapresiasi Pemprov Jabar yang terus mendorong UMKM untuk memiliki NIB melalui program Ekosistem Investasi Jabar.

Pada bagian lain Herawanto mengatakan, melalui Ekosistem Investasi Jabar diharapkan Pemprov Jawa Barat dapat membuat blue print, roadmap, serta rencana aksi pengembangan investasi dan kemudahan berusaha di Jawa Barat.

“Untuk itu dibutuhkan kerja sama semua kalangan dalam memuluskan pencapaian tujuan dan target program Ekositem Investasi Jabar,”ujar dia.

Pada Kamis (19/8/2021), bersamaan dengan peluncuran Ekosistem Investasi Jabar, unsur pentahelix dan seluruh stakeholders terkait melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dan komitmen bersama untuk membangun ekosistem investasi dalam rangka mewujudkan “Jabar Investasi Juara”.

Penandatanganan dilakukan oleh 18 instansi yang merupakan representasi dari komponen pentahelix Jabar antara lain Kepala OJK Jabar Indarto Budiwitono, Ketua Dekranasda Jabar Atalia Praratya Ridwan Kamil, pimpinan perbankan temasuk Dirut bank bjb, Pimpinan Wilayah BCA dan Bank-Bank HIMBARA, HIPMI, Kadin, ISEI dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jabar. (*)

BACA JUGA  Neraca Pembayaran Indonesia Triwulan II 2021 Dapat Mendukung Ketahanan Eksternal
banner 970x90

News Feed