oleh

Kemenko Marves-Kemendag Luncurkan Gerakan Nasional BBI dan BWI Pelangi Sulawesi

Jakarta, Mediakonomi.com – Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Wisata Indonesia (Gernas BBI dan BWI) Pelangi Sulawesi.

Peresmian Gernas BBI dan BWI Pelangsi Sulawesi itu dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Kamis (26/8/2021). Pelaksanaannya dilakukan secara hibrida di Manado, Sulawesi Utara yang dihadiri oleh Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga.

Kegiatan tersebut mengambil tema “Dari Sulawesi Menuju Mancanegara”. Dalam sambutannya, Mendag menyampaikan bahwa pada Juli 2021, Kemendag menjadi campaign manager Gernas BBI dan BWI #PelangiSulawesi. Namun, karena perkembangan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia, maka peluncurannya baru dapat diselenggarakan pada 26 Agustus 2021.

BACA JUGA  Pemerintah Terus Upayakan Pemulihan Ekonomi di Tengah Ketidakpastian

Mendag menegaskan, fokus utama dari kampanye Gernas BBI kali ini adalah digitalisasi UMKM . Hingga pertengahan Agustus 2021, lebih dari 15 juta UMKM sudah on-boarding ke platform niaga elektronik.

Kemendag optimis target mendorong 30 juta UMKM on-boarding ke platform digital pada akhir 2023 akan tercapai. Hal ini diharapkan dapat memicu kinerja sektor perdagangan dan pemulihan ekonomi nasional.

Pada kesempatan tersebut juga diselenggarakan bincang interaktif antara Mendag dan Menko Marves dengan UMKM se-Sulawesi sekaligus berbelanja produk artisan Sulawesi Utara secara daring.

Muhammad Lutfi mengajak kementerian dan lembaga terkait, pemerintah daerah, dan seluruh elemen masyarakat mendukung kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Wisata Indonesia (BWI).

BACA JUGA  Sinergi MenKopUKM dan Menteri ATR/BPN Konsolidasikan Lahan Petani TORA Berbasis Koperasi di Sukabumi

Kampanye Gernas BBI dan BWI Pelangi Sulawesi mengangkat potensi produk dan wisata di wilayah Sulawesi, khususnya Likupang, Sulawesi Utara yang merupakan salah satu destinasi wisata super prioritas.

Pada peresmian BBI dan BWI itu tampak hadir secara langsung maupun virtual antara lain Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Ketua Bidang Daya Saing Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Bianca Lutfi, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dan para pelaku UMKM Sulawesi.

“Kampanye Gernas BBI dan BWI #PelangiSulawesi merupakan upaya memperluas cakupan pasar dan meningkatkan kualitas, serta daya saing produk artisan UMKM Sulawesi. Sulawesi Utara sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas diharapkan dapat menghasilkan banyak UMKM yang onboarding di ranah digital,” kata Mendag Lutfi. (M. Gunawan, sumber Kemendag)

BACA JUGA  BI Rekomendasikan Jabar Menjaga Momentum atas Pertumbuhan 6,13 Persen
banner 970x90

News Feed