Cimahi Military Heritage Tourism 2022 dilaunching Pekan ini

Kota Cimahi, Mediakonomi.com – Kota cimahi sebagai salah satu kota di jawa barat yang memiliki potensi wisata heritage dengan sejarah kemiliteran di indonesia yang sangat kental. Begitu banyak pusat pendidikan militer beserta fasilitasnya, dengan potensi yang dimiliki, diprediksi akan menjadi salah satu tujuan wisata tematik di jawa barat.

Keterbatasan sumber daya alam sebagai daya tarik wisata tidak menyurutkan tekad kota cimahi untuk terus berkembang menjadi destinasi unggulan di jawa barat “dibalik keterbatasan selalu ada keuinikan”. Kota cimahi harus mampu menggali kreativitas untuk menjadikan pariwisata sebagai bagian yang memberikan kontribusi dalam meningkatkan pendapatan asli daerah dan menjadikan kota cimahi sebagai kota yang layak dikunjungi bagi wisatawan.

Kota cimahi dibangun pada zaman kolonial dengan fungsi utama sebagai kota garnisun militer dimana memiliki sejarah militer yang penting dan banyak sekali situs yang berkaitan dengan militer. Situs-situs tersebut memiliki nilai historis yang tinggi dan menjadi kebanggaan warga kota cimahi tentunya hal ini menjadi pembeda dari wilayah lain sekaligus menjadi keunggulan kota cimahi. Sudah sewajarnya apabila kota cimahi dalam pemasaran pariwisatanya mempromosikan slogan “cimahi get heritage” siapapun yang ingin mengetahui tentang heritage khususnya sejarah kemiliteran di indonesia akan mendapatkannya di kota cimahi.

BACA JUGA  Sepakati Berbagai Kerja Sama Strategis, Indonesia dan Korea Selatan Saling Dukung Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

Sesuai sejarahnya kota cimahi memiliki banyak bangunan-bangunan peninggalan belanda yang memiliki keunikan pada arsitektur bangunannya yang merupakan gaya arsitektur transisi dari akhir abad 19. Potensi tersebut tentunya dapat dikembangkan menjadi daya tarik wisata dengan mengembangkan beberapa fasilitas milik tni. Pusdik armed sendiri banyak memiliki daya tarik terdapatnya meriam voc abad 18, sumur bor artesis dan pompa bensin antik. Kedepan direncanakan bagaimana nanti wisatawan bisa berinteraksi langsung di kawasan militer melalui beberapa kegiatan seperti bermalam di barak-barak militer, melakukan kegiatan rutin ala militer, baris berbaris, menembak, berkeliling mengggunakan kendaraan tempur bahkan mungkin wisata misteri digedung-gedung tua milik tni tentunya hal ini harus dikemas secara apik dan profesional.

BACA JUGA  ASEPHI: Ekspor Kerajinan Tangan Masih Terkendala Biaya Logistik yang Mahal

Sejalan dengan arah pengembangan pariwisata kota cimahi bahwa dalam konteks kegiatan pengembangan jenis dan paket wisata unggulan salah satu upaya yang dilakukan melalui pelaksanaan kegiatan launching cimahi military heritage tour (cimitage tour). Cimitage tour dirancang dengan konsep dasar terintegrasi antara daya tarik wisata alam, budaya maupun minat khusus melalui konsep city tour yang terbentuk dari gabungan komponen produk pada umumnya yaitu mencakup aktivitas yang pada dasarnya dibentuk untuk mendapatkan sesuatu yang bisa dilihat (something to see), sesuatu yang bisa dilakukan (something to do) dan sesuatu yang bisa dibeli (something to buy).

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari rabu, 28 september 2022 di cimahi tehcnopark. Rangkaian kegiatan terdiri dari : cimahi city tour, pergelaran seni budaya; pameran industri kreatif; fashion show militer tempo dulu; dialog sejarah dan reenactor garnisun cimahi.

BACA JUGA  Launchingnya Sudah 2 Kali, Wisata Militer Cimahi Ternyata Belum Ada MoU dengan TNI, Berapa Anggarannya ?

Kegiatan ini ditujukan dalam rangka memberikan kesamaan pemahaman/ komitmen bersama tentang pentingnya sinergitas dalam pengembangan destinasi pariwisata serta memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang manfaat ekonomi dari berkembangnya kegiatan pariwisata di kota cimahi.

Disbudparpora berharap melalui kegiatan ini dapat mengimplementasikan semangat ‘cimahi incorporated’ di semua level. Melalui konsep pentahelix “abcgm” yaitu academician, business, community, government, dan media. Lima unsur itu harus sinergis, saling support untuk membangun iklim pariwisata yang kondusif”.


Cimahi Military Heritage Tourism 2022 dilaunching Pekan ini