oleh

Ade Yasin Roadshow Tinjau Program Pembangunan City Beautification Projects Kabupaten Bogor Tahun 2021

banner 970x90

Bogor, Mediakonomi.com – Bupati Bogor, Ade Yasin lakukan kunjungan lapangan untuk meninjau langsung program pembangunan City Beautification Projects Kabupaten Bogor tahun 2021, (24/12). Kunjungan lapangan diawali dengan penyerahan bantuan kepada 28 koperasi masyarakat yang secara simbolis diberikan kepada satu orang perwakilan dan dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat secara simbolis kepada 14 orang pelaku usaha.

Kemudian Bupati Bogor juga meyerahkan bantuan sewa ruang usaha untuk pelaku UMKM melalui Koperasi Bina Usaha Sukses Kecamatan Cibinong serta penandatanganan Prasasti Pendopo Bupati pertama Malasari, Nanggung, yang dilakukan di Cibinong Situ Plaza.

Selanjutnya, Bupati Bogor melakukan peninjauan simulasi penggunaan ATCS dan peresmian Pelican Cross di Jalan Raya Tegar Beriman. Kunjungan lapangan dilanjutkan dengan peninjauan Jembatan LIPI (BRIN), jalan lingkar luar LIPI (Jalan, Jembatan, pemindahan pagar dan Lampu PJU) sebagai antisipasi penutupan kawasan, dan keluar dari jembatan Perumahan Bumi Sentosa.

Bupati Bogor kemudian melanjutkan untuk meninjau Tugu Pancakarsa, pengecekan taman, peninjauan Pedestrian, Taman dan PJU yang berlokasi di seberang RM. Atok. Lalu Ade Yasin lanjutkan dengan kegiatan peninjauan lapangan ke persimpangan Kandang Roda – Sentul untuk meninjau pedestrian Jl. Kd. Roda – GOR Pakansari, mengecek lokasi pembangunan Mesjid Agung Pakansari. Kemudian kegiatan peninjauan pembangunan City Beautification Projects di akhiri dengan peninjauan pedestrian jalan, taman dan PJU Jl. Edi Yoso. 

BACA JUGA  Bupati Bogor Hadiri RUPS Tahunan Bank BJB Di Bandung

Bupati Bogor, Ade Yasin mengungkapkan, kegiatan diawali dengan pembagian sertifikat kepada pelaku usaha sebagai modal utama kepemilikan sebuah lahan. Ia juga berterima kasih kepada kepala BPN yang cukup banyak membantu berkaitan dengan urusan sertifikat. 

“Barangkali di seluruh Indonesia Kabupaten Bogor paling banyak memproduksi sertifikat. Tidak hanya untuk UMKM tapi PTSL dan sertifikat-sertifikat aset pemda, juga sertifikat masyarakat. Khusus untuk kepala BPN saya ucapkan terima kasih, sudah memfasilitasi teman-teman UMKM. Dengan sertifikat ini bisa jadi modal dasar kerja para pelaku UMKM,” ujarnya.

Selanjutnya Bupati Bogor menyerahkan hibah bantuan koperasi tahun 2021, ia meminta agar dimaksimalkan penggunaannya karena koperasi adalah peninggalan orang terdahulu untuk bagaimana bergotong-royong membuat usaha bersama dalam sebuah koperasi yang memiliki banyak manfaatnya.

BACA JUGA  BI: Tiga Hal Bayangi Pemulihan Ekonomi Global

“Kita harus pertahankan bahkan harus digalakkan lagi, bagaimana kita bisa membuat koperasi di tiap-tiap desa, baik itu koperasi UMKM dan koperasi lainnya. Saya kira ini penting karena kebersamaan dan gotong-royong lah prinsip dari koperasi tersebut,” jelasnya.

Ade Yasin menerangkan, peresmian Pendopo Bupati Malasari adalah kantor bupati pertama itu ada di Desa Malasari Kecamatan Nanggung yang pernah direhab tapi tidak sesuai dengan aslinya, akan tetapi sekarang sudah kembali ke aslinya, tinggal dirawat dan dipelihara. Kantor bupati pertama itu bisa dikunjungi, dan bisa jadi daerah atau objek wisata di daerah Malasari. 

“Karena di Malasari juga sudah ada beberapa wisata lain dan bahkan sudah ada paket-paket wisata berupa wisata Citalahab dan Cikaniki kalinya, di sana kita bisa melihat golden mushroom. Jadi mushroom itu bisa nyala di malam hari, itu ada disana. Jadi ada paket wisata 1 malam 2 hari atau 2 malam 3 hari. Daripada jauh-jauh berwisata ke daerah lain, di Bogor juga ada wisata yang bagus. Mudah-mudahan ini menambah khazanah kita dalam dunia pariwisata dan bisa dinikmati, dilihat oleh masyarakat. Rawat dengan baik, saya minta agar tidak dirusak itu prinsipnya,” tegas Bupati Bogor.

BACA JUGA  Bahas #savepuncak Bupati Bogor Adakan Webinar Bersama UNIDA

Selanjutnya, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Bogor, Asep Mulyana mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bogor, yang dilakukan langsung Bupati Bogor menyerahkan hibah kepada 28 Koperasi sebesar Rp420 juta dengan masing-masing koperasi menerima Rp15 juta rupiah. Lalu bantuan sewa untuk ruang usaha para pelaku UMKM di Kabupaten Bogor berupa sewa di ITC Cibinong Mall seluas 100,38 meter dengan nilai sebesar 100 juta. Kemudian yang ketiga, penyerahan Sertifikasi Hak Atas Tanah(SHAT) kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Bogor sebanyak 300 pelaku UMKM yang fasilitasi Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor.

“Terima kasih Ibu Bupati Bogor, untuk bantuan koperasi hari ini Alhamdulillah sudah tersampaikan dan penyerahan secara simbolis dilakukan pada hari ini,” imbuh Asep. 

Sumber : Portal Resmi Kabupaten Bogor