oleh

18 Bumdes di Kabupaten Bogor Berkontribusi Membantu Perekonomian Desa

Bogor, Mediakonomi.com – Bupati Bogor, Ade Yasin mengatakan, sebanyak 18 Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Kabupaten Bogor sudah turut berkontribusi dalam membantu perekonomian desa.

“Berdasarkan hasil review, ada 25 Bumdes di Kabupaten Bogor yang sudah memperoleh keuntungan, 18 Bumdes sudah berkontribusi pada perkonomian desa,” ujar Ade Yasin, Senin (9/8/21).

Menurutnya, ada beberapa kategori Bumdes di 416 desa yang ada di Kabupaten Bogor, Yakni enam Bumdes mandiri, 16 Bumdes maju, 63 Bumdes berkembang, dan 331 Bumdes dasar.

Ade Yasin menuturkan, Pemkab Bogor masih memiliki sejumlah tantangan dalam pembangunan Bumdes agar memperoleh keuntungan. Salah satunya adalah kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola.

BACA JUGA  Reformasi Perpajakan Upayakan Sistem Perpajakan Yang Sehat dan Adil

Kemudian, ucapnya, Pemkab Bogor juga masih menemui beberapa kendala lain dalam pengembangan Bumdes ini. Seperti penentuan jenis usaha yang tanpa melalui uji kelayakan usaha, juga pergantian kepala desa yang terkadang berdampak pada susunan keanggotaan Bumdes sehingga harus kembali ke awal.

Di samping itu, Ade Yasin mengaku bangga atas beberapa capaian pembangunan desa pada tahun ini, seperti menjadi nihilnya desa berstatus tertinggal yang ahun lalu masih ada empat desa tertinggal.

Kemajuan lainnya dari desa-desa di Kabupaten Bogor pada tahun yaitu jumlah desa mandiri dari sebelumnya berjumlah 29 desa menjadi 48 desa. Kemudian, desa maju dari sebelumnya berjumlah 131 desa menjadi 188 desa. Jumlah desa berkembang yang sebelumnya tercatat ada 252 desa, kini tersisa sebanyak 180 desa.

BACA JUGA  Penerima Kartu Prakerja diharapkan Jadi Pahlawan Kebangkitan Ekonomi Nasional

“Pengentasan desa tertinggal ini merupakan prioritas Pemerintah Kabupaten Bogor,” tandas Ade Yasin. ( rusdi )

banner 970x90

News Feed